5 Cara Mendapatkan Customer Insight
4 July, 2019
Artikel ini membahas 5 cara mendapatkan customer insight, yaitu:
1. Bicara dengan End-User.
Walaupun perusahaan Anda termasuk kategori B2B, Anda akan tetap mendapat manfaat dari interaksi dengan end-user. Merekalah yang mengkonsumsi produk Anda, dan mereka pula yang memutuskan untuk memilih produk Anda atau kompetitor.
2. Luangkan waktu bersama customer.
Meluangkan “quality time” bersama customer memang penting, tapi yang juga tak kalah penting adalah meluangkan “quantity time” bersama mereka. Banyak hal baru yang bisa Anda dapatkan, yang tidak terungkap pada saat Anda berbicara dengan customer.
Menurut Biro Pusat Statistik Amerika, rata-rata tiap rumah tangga mengeluarkan $60 tiap minggu untuk belanja kebutuhan sehari-hari, dan $43 untuk kebutuhan makan di luar rumah. Team eksekutif dari sebuah perusahaan makanan merasa malu mengetahui hal ini, karena mereka rata-rata mengeluarkan $40 tiap minggu hanya untuk Starbucks. Mereka kemudian menerima tantangan untuk melewatkan 1 minggu hanya dengan $103, dan hal ini ternyata membuka pikiran mereka tentang masalah yang dihadapi oleh customer.
3. Amati bagaimana customer membeli produk Anda.
Terlepas apakah itu toko online ataukah toko secara fisik, Anda akan bisa mengamati “perjalanan” proses customer membeli produk Anda. Pertimbangan apa yang dianggap penting oleh customer sebelum membeli? Loyalkah mereka terhadap produk Anda?
4. Amati bagaimana customer menggunakan produk Anda.
Sebuah perusahaan game-console mengamati bagaimana customernya kesulitan untuk memasang alatnya, sering memasang kabel di posisi yang salah, sehingga menghabiskan waktu untuk mencoba dan mengulang prosesnya. Dari pengamatan ini, perusahaan tersebut memciptakan kabel dengan berbagai warna, sehingga mudah dicocokan dengan warna outletnya.
5. Libatkan end-user dalam men-design produk.
Hal ini paling banyak dilakukan oleh perusahaan software, dengan merilis versi beta kepada sejumlah kalangan terbatas. Tapi sebetulnya hal ini juga berlaku untuk produk lain.
Dell pernah meluncurkan Dell IdeaStorm untuk menerima masukan ide baru dari customer, dan meng-klaim sudah menerapkan 500 ide baru dari IdeaStorm ke dalam produk-produknya.
Demikian artikel video dari Eclectic Consulting mengenai 5 Cara Mendapatkan Customer Insight. Jika Anda ingin melihat solusi SAP dari Eclectic lainnya berdasarkan industri, bisa dicek pada halaman berikut ini: https://www.eclectic.co.id/our-solutions/by-industry/.
See other News