
Mengapa Customer Insight Penting Bagi Bisnis Anda
4 July, 2019
Customer Insight adalah usaha memahami customer Anda, berdasarkan tingkah laku membeli (buying behaviour), pengalaman mereka dengan brand Anda, serta keyakinan dan kebutuhan mereka. Customer Insight lebih dari sekedar survey. Ia melihat customer dari berbagai sudut pandang, hasil dari analisa strategis dari data kualitatif dan kuantitatif. Semakin mendalam datanya, semakin mendalam pula pemahaman Anda terhadap customer.
Melalui pemahaman yang mendalam terhadap customer, Anda akan mampu menghasilkan strategi marketing yang lebih tepat pula. Misalnya: bila Anda mampu mengidentifikasi pola proses belanja tertentu, maka Anda akan dapat memprediksi langkah customer berikutnya. Dengan demikian, pesan yang Anda sampaikan akan lebih sesuai dan relevan dengan kebutuhan mereka pada saat itu.
Mengapa?
Ada 4 hal yang Anda perlukan agar dapat memanfaatkan Customer Insight secara optimal:
1. Data yang bersih (clean) dan handal (reliable).
Anda dapat memiliki data yang banyak (Big Data), tapi jangan lupa bahwa hanya dengan data yang bersih dan handal maka Anda bisa mendapatkan Customer Insight berdasarkan fakta, bukan asumsi.
2. Alat (tools) yang tepat untuk analisa data.
Tersedia banyak aplikasi analisa data di pasar (Tableau, Power BI, SAP Lumira, Qlik, dan sebagainya). Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.
3. Kemampuan menginterpretasi data.
Survey yang dilakukan BlueVenn pada tahun 2016 menunjukkan bahwa 4 dari 5 praktisi marketing merasa tidak memiliki kemampuan analisa yang cukup. Padahal di jaman ini, dimana perilaku customer lebih mudah kita peroleh dari website dan social media, kemampuan analisa untuk menemukan pattern atau pola perilaku customer menjadi semakin penting.
4. Teknologi yang tepat untuk menindak lanjuti hasil insight.
Setelah Anda memperoleh Customer Insight yang mendalam, bagaimana Anda menterjemahkannya ke dalam strategi marketing berikutnya? Dengan teknologi yang tepat, Anda dapat mempertajam strategi marketing perusahaan Anda secara terus menerus dan berkesinambungan.
Apa yang sudah Anda lakukan selama ini untuk mendapatkan dan memanfaatkan Customer Insight?
Demikian artikel dari Eclectic Consulting mengenai Mengapa Customer Insight Penting Bagi Bisnis Anda. Jika Anda ingin melihat solusi SAP dari Eclectic lainnya berdasarkan industri, Anda dapat mengunjungi pada halaman berikut ini: https://www.eclectic.co.id/our-solutions/by-industry/.
See other News